Sering Merasa Sakit Pada Bagian Siku ? Jangan Dibiarkan !


        Sakit pada siku lengan kerap dialami seseorang yang memiliki kebiasaan atau pekerjaan pasif yang bertumpu pada otot-otot lengan, seperti menulis, melukis, mengetik, atau meggunakan mouse komputer berlebihan. 

       Gangguan ini bersumber pada lengan bawah, yakni sisi luar di bawah sendi siku. Pria maupun wanita bisa mengalami gangguan ini terutama untuk mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan angkat berat, atlet golf atau tenis.
 

          Penyakit ini ditandai dengan adanya rasa sakit dan nyeri pada siku lengan. Kondisi ini berisiko menyebabkan lengan bawah tidak bisa berfungsi dengan normal. Misalnya tidak bisa diluruskan, ditekuk, atau saat gerakan memutar. Kondisi ini juga berkontraksi pada jari-jari tangan yang terasa tegang dan kaku.

          Beberapa kondisi, cedera, dan penyakit yang menyebabkan sakit di siku:
1. Tendinitis, berupa: lateral epikondilitis (tennis elbow), radang di urat daging (tendon),  Epikondilitis medial (golfer's elbow).
2. Bursitis olekranon, sebagai hasil dari penyakit sistemik seperti gout atau artritis rematoid.
3. Patah/retak tulang siku (broken elbow).
4. Siku keseleo (elbow sprain).
5. Artritis.
6. Selulitis.
7. Infeksi sendi siku (septic arthritis).
8. Tumor; dapat terjadi kanker tulang primer.
9. Jebakan saraf ulnaris.
10. Distal biceps tendinitis.
11. Triceps tendinitis.

        Sedangkan nyeri di siku dapat disebabkan oleh karena:
1. Nyeri alih: spondilosis servikal.
2. Gangguan sendi: artritis rematoid, gout, pseudogout,  osteoartritis.
3. Gangguan periartikuler: bursitis olekranon, epikondilitis lateral, epikondilitis medial, kompresi saraf, tendinitis.

        Yang perlu diketahui pula, sebelum mendiagnosis tennis elbow, dokter akan memertimbangkan diagnosis banding: radial nerve entrapment, cervical osteoarthrites, abnormalitas intra-artikuler, kelemahan sendi.
 
         Solusi secara umum untuk tendinitis: diberi es, mengistirahatkan siku, siku dibebat (bracing the elbow), dokter merekomendasikan aspirin, anti-inflamasi: naproxen, diclofenac, ibuprofen, dsb. 

        Pada kasus tennis elbow, dokter akan merekomendasikan: istirahat, es, brace, obat golongan NSAIDs, injeksi steroid, fisioterapi, ESWT (Extracorporeal Shock Wave Therapy), radioterapi.
  

Solusi

        Kondisi ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas Anda. Untuk mengatasinya Anda bisa memberikan terapi pijatan yang sederhana dan tepat. Rasa nyeri, kaku, dan sakit siku lengan disebabkan adanya endapan asam laktat dan sisa-sisa pembakaran (mioglosis). Akibatnya, bisa mengganggu  otot yang berfungsi sebagai alat penggerak yang aktif. Terapi pemijatan untuk gangguan ini dapat dilakukan dengan cara massage sport pada beberapa bagian lengan.

•    Lakukan pemijatan di bagian lengan atas untuk merangsang seluruh jaringan otot, syaraf, urat, dan melumatkan jaringan lemak padat (lemak jahat) di bawah kulit agar larut dalam peredaran darah dan terbuang melalui saluran pembuangan.

•    Pemijatan di lengan bawah. Awali pijatan dari pergelangan tangan hingga ke sendi siku. Lakukan pijatan pada lengan dengan arah bergelombang dan seperti memeras (kneading).

•    Langkah selanjutnya pijat telapak tangan dengan menggunakan ujung-ujung jari. Lalu pemijatan untuk meregangkan persendian jari.

         Setelah selesai melakukan pemijatan secara keseluruhan kemudian urut dengan lembut untuk mendorong zat-zat kelelahan supaya larut dalam darah, dan menyegarkan kembali jaringan-jaringan otot, urat, dan syaraf.
Share on Google Plus

About RSOP

0 komentar:

Post a Comment